HukrimPekanbaru

Memperingati Hari Bakti yang ke-60, Lapas Narkotika Rumbai Sukses gelar Kegiatan Pemasyarakatan Sehat.

Avatar
20
×

Memperingati Hari Bakti yang ke-60, Lapas Narkotika Rumbai Sukses gelar Kegiatan Pemasyarakatan Sehat.

Sebarkan artikel ini

PEKANBARU, Kujangpost.com – Jum’at ini adalah hari terakhir rangkaian kegiatan Pemasyarakatan Sehat, kegiatan diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan yang ke-60 tahun 2024 diadakan selama tiga hari. Kamis (18/04/2024).

Pada hari pertama, kegiatan dibuka dengan mengadakan penyuluhan kesehatan. Bertempat di Klinik Pratama Lapas Narkotika Rumbai, warga binaan diberikan penyuluhan kesehatan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat. Penyuluhan kesehatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru yang diwakilkan oleh Titin Saputri, SKM (promkes) dan Dessy Andari A, SKM ( Sanitarian /kesling) dari Puskesmas Rumbai Bukit.

Pada hari kedua, Kegiatan dilanjutkan dengan pembersihan lingkungan yang meliputi Pembersihan area kamar/blok hunian, tempat MCK, drainase, dan pencucian tempat sampah oleh petugas jajaran perawatan yang dipimpin oleh Kepala Sub Seksi Perawatan, Afrianco. Petugas juga mengecek kondisi saluran air yang tersumbat dan berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Pada hari terakhir ini, diadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan massal kepada pegawai dan warga binaan mulai jam 08.00 pagi s.d selesai. Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru yang diwakilkan oleh tenaga medis dari Puskesmas Rumbai Bukit. Tenaga medis puskesmas dan dokter Lapas, Friska Sitinjak memeriksa kesehatan warga binaan dan pegawai dengan mengecek kadar gula darah, kolesterol, asam urat dan tekanan darah atau tensi. dipimpin

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIB Rumbai, Henri Alfa Edison Damanik, ikut berpartisipasi mempelopori pemeriksaan kesehatan pada hari ketiga ini dengan cara melakukan pemeriksaan kesehatan lebih dulu. Kalapas menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat positif. Walaupun kegiatan ini sebelumnya telah berjalan, Kalapas berpesan agar kegiatan ini lebih ditingkatkan lagi.
“Saya sangat mendukung kegiatan ini. Walaupun kegiatan ini telah berjalan sebelumnya, namun ke depannya kita akan laksanakan dengan lebih maksimal dan lebih baik lagi. Kita akan terus berupaya menciptakan lingkungan lapas yang bersih dan sehat, agar program-program pembinaan dilapas dapat berjalan dengan baik. “Ujar Kalapas.

Secara terpisah, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Riau, Budi Argap Situngkir, berpesan agar kegiatan pemasyarakatan sehat ini harus tetap diadakan secara rutin. Kakanwil meminta agar Lapas/Rutan dan LPKA untuk menjalin sinergi dengan instansi terkait dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. “Kebersihan ini selalu menjadi perhatian kita. Oleh karena itu setelah ini pun harus tetap berjalan. Kegiatan ini sebagai bentuk upaya kita menjaga agar petugas dan warga binaan tidak terjangkit penyakit menular berbahaya akibat lingkungan yang kotor. Saya selalu tekankan kepada seluruh Lapas/Rutan dan LPKA untuk bisa menciptakan lingkungan yang bersih itu. Lakukan inovasi-inovasi, dan jalin sinergi dengan instansi terkait.” Pesan Kakanwil.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *