HukrimPekanbaru

Puncak Perayaan HBP Ke-60, Kemenkumham Riau Gelar Upacara dan Syukuran di Lapas Pekanbaru

Avatar
34
×

Puncak Perayaan HBP Ke-60, Kemenkumham Riau Gelar Upacara dan Syukuran di Lapas Pekanbaru

Sebarkan artikel ini

PEKANBARU, KUJANGPOS.com -– Sebagai puncak perayaan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 pada 27 April 2024, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Budi Argap Situngkir, beserta seluruh jajaran Pemasyarakatan se-Riau melaksanakan upacara HBP ke-60 yang terpusat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru, Sabtu (27/04/2024).

“27 April 1964 sampai dengan 27 April 2024 bukanlah suatu perjalanan yang singkat, 60 tahun usia Pemasyarakatan merupakan perjalanan yang panjang yang telah dilewati menjadi landasan dalam mempersiapkan perkembangan dinamika pidana di Indonesia,” ungkap Budi Argap Situngkir membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly.

Bertindak selaku petugas upacara didapuk jajaran dari Lapas Kelas IIA Pekanbaru dengan peserta yang diikuti Kepala Divisi Pemasyarakatan M. Ali Syeh Banna, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Edison Manik, Kepala Divisi Keimigrasian Mas Arie Yuliansa, Kepala Lapas Kelas IIA Pekanbaru Sapto Winarno, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Pekanbaru, para Pejabat Struktural dan jajaran dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan se-Kota Pekanbaru.

Dalam sambutannya, Budi Argap Situngkir mengungkapkan, pada peringatan HBP ke-60 Tahun 2024 mengangkat tema “Pemasyarakatan Pasti Berdampak”. Tema ini dimaksudkan bahwa Peringatan HBP Kemenkumham RI tahun ini bukanlah kegiatan seremonial semata, tetapi bentuk komitmen dalam untuk menjawab berbagai tantangan kedepan, termasuk yang selaras dengan arah tujuan UU Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

“Mari berdampak dan bermamfaat dalam wujud pengabdian di jajaran Pemasyarakatan yang sangat dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia sejalan dengan tujuan Pemasyarakatan Maju untuk bangsa Indonesia,” ungkap Kepala Kanwil Kemenkumham Riau.

Selanjutnya, sebagai wujud integritas dan prestasi kinerja seluruh jajaran Pemasyarakatan Kemenkumham Riau, Budi Argap Situngkir menyerahkan 10 (sepuluh) kategori penghargaan kepada 9 (Sembilan) UPT Pemasyarakatan se-Riau, termasuk Lapas Kelas IIA Pekanbaru yang meraih penghargaan sebagai UPT Pemasyarakatan Kemenkumham Riau yang telah melaksanakan publikasi berita positif terbanyak.

Usai upacara berlangsung, kegiatan dilanjutkan dengan syukuran dengan ditandai prosesi pemotongan tumpeng oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Riau. Perlu diketahui, dalam acara tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan dari L’Baru Band dari warga binaan dan Tari Kreasi dari warga binaan Lapas Perempuan Kelas IIA Pekanbaru.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *