HukrimPekanbaru

PUSPENKOM BPSDM Hukum dan Ham Gelar Penilaian Kompetensi di Kanwil Kemenkumham Riau 

Avatar
20
×

PUSPENKOM BPSDM Hukum dan Ham Gelar Penilaian Kompetensi di Kanwil Kemenkumham Riau 

Sebarkan artikel ini

PEKANBARU, KUJANGPOST.com – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM melalui Tim dari Pusat Penilaian Kompetensi BPSDM Hukum dan HAM bersama Kanwil Kemenkumham Riau menggelar Penilaian Kompetensi bagi Jabatan Administrasi/Fungsional di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau. Pelaksanaan Penilaian Kompetensi digelar selama dua hari yakni dari hari Selasa s.d Rabu (14– 15 Mei 2024) bertempat di Kantor Wilayah Kemenkumham Riau.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, Budi Argap Situngkir yang diwakili oleh Kepala Divisi Administrasi, Johan Manurung kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Pusat Penilaian Kompetensi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM, Jusman. Sebanyak 60 peserta mengikuti Penilaian Kompetensi bagi Jabatan Administrasi/ Fungsional di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Riau. Penilaian Kompetensi dilaksanakan secara klasikal atau tatap muka. Penilaian Kompetensi terdiri dari Tes Potensi, Analisis Kasus dan Wawancara, setelah sebelumnya telah dilaksanakan Pra Uji Kompetensi secara online/daring pada Rabu (08/05/2024) lalu.

“Dalam menjalankan tugasnya, setiap ASN harus memiliki kemampuan yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan dan peran yang diemban. Oleh karena itu, penilaian kompetensi menjadi alat yang efektif untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan para ASN. Selain itu, penilaian kompetensi juga dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan terkait promosi, pemindahan, atau pemberhentian pegawai ASN, oleh sebab itu, penilaian kompetensi ini penting dan harus menjadi perhatian bagi kita semua baik di Kantor Wilayah maupun di Unit Pelaksana Teknis,” ujar johan Manurung dalam sambutannya.

“Pada kesempatan ini kita mendapatkan kehormatan dengan kehadiran Tim Asesmen dari Pusat Penilaian Kompetensi BPSDM Hukum dan HAM yang diketuai oleh Bapak Jusman selaku Kepala Pusat Penilaian Kompetensi. Penilaian Kompetensi kali ini akan dilakukan dengan metode Assesment Center. Penyelenggaraan Penilaian Kompetensi dengan metode Asessment Center oleh Pusat Penilaian Kompetensi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM merupakan suatu metode yang lengkap sehingga tidak hanya sekedar melakukan pemetaan profil kompetensi pegawai, namun juga menilai lebih jauh potensi pegawai dan merekomendasikan saran pengembangan dari pegawai tersebut,” sambung Johan Manurung.

“Saya berharap seluruh peserta Penilaian Kompetensi dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya kesempatan yang sangat baik ini. Tunjukkan semua kemampuan dan kerjakan dengan sebaik-baiknya aagar dapat diperoleh hasil yang optimal untuk mendukung pengembangan karir dan kompetensi Bapak/Ibu ke depannya. Dan kepada Tim Asesor dari Pusat Penilaian Kompetensi BPSDM Hukum dan HAM sekali lagi kami ucapkan selamat datang dan terimakasih telah berkenan hadir di Riau Bedelau pada hari ini. Kita doakan bersama kegiatan kita yang akan berjalan dua hari ke depan dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala dan mencapai hasil yang diharapkan” tutup Johan Manurung.

Turut Hadir dalam pembukaan kegiatan ini Kepala Divisi Pemasyarakatan Muhammad Ali Syeh Banna, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Edison Manik, Ka-UPT se Kota Pekanbaru, Pejabat Struktural dan Tim Asesor SDM Aparatur Ahli Utama Kementerian Hukum dan HAM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *