PekanbaruPolitik

2 Lembaga Survei Nyatakan Muflihun Peringkat Pertama Calon Walikota Pekanbaru, Boma: Program Prioritas Terbukti

Avatar
19
×

2 Lembaga Survei Nyatakan Muflihun Peringkat Pertama Calon Walikota Pekanbaru, Boma: Program Prioritas Terbukti

Sebarkan artikel ini

PEKANBARU, KUJANGPOST.com –          2 lembaga survei menempatkan Muflihun, S. STP, M. AP diperingkat Pertama (1) hasil pilihan masyarakat seperti: lembaga survei lembaga Riau Research Centre (R2C) dan Lembaga AKSARA Research and Consulting.

Gubernur LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Provinsi Riau, Boma Harmen menjelaskan, pantas dan sewajarnya 2 lembaga survei tersebut menempatkan Muflihun, S. STP, M. AP menjadikan pilihan masyarakat Kota Pekanbaru, Minggu (2/6/2024) ketika ditemui di Sekretariat LIRA Riau Jalan Tuanku Tambusai.

Boma juga menjelaskan, karena ada 5 Program Prioritas yang beliau laksanakan dan itu sangat menyentuh serta benar benar dinikmati masyarakat sewaktu menjabat Pj Walikota Pekanbaru seperti:

1. Program tersebut mencakup bantuan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan dari keluarga kurang mampu.

2. santunan kematian,
3. subsidi bunga pinjaman bank untuk pelaku usaha mikro,
4. Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah (JKPB) melalui Universal Health Coverage (UHC), serta
5. program kunjungan rumah masyarakat hidup sehat (Kurma Manis) atau doctor on call.

Bantuan beasiswa, diberikan untuk membantu biaya pendidikan mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu.

Santunan kematian bagi keluarga kurang mampu juga sebagai bentuk kehadiran Pemko Pekanbaru di tengah-tengah masyarakat.

Berikan santunan sebesar Rp1 juta sebagai minimal bantuan untuk biaya pemakaman dan konsumsi di hari duka tersebut.

Program subsidi bunga pinjaman bank bagi pelaku usaha mikro diharapkan dapat meningkatkan perekonomian.

Menanggung seluruh bunga pinjaman bank sebesar 12 persen untuk membantu pelaku usaha mikro.

Sementara untuk program JKPB, masyarakat dapat mengakses pelayanan kesehatan gratis di fasilitas yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, cukup dengan menunjukkan KTP.

Terakhir, program Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat (Kurma Manis) atau doctor on call memberikan layanan kesehatan 24 jam. Masyarakat dapat menghubungi puskesmas terdekat jika tidak mampu datang langsung.

Berikut:
Hasil survei lembaga Riau Research Centre (R2C) tentang pilihan masyarakat Kota Pekanbaru terhadap calon Walikota yang telah melakukan sosialisasi di Kota Pekanbaru menunjukkan tiga nama kandidat yang bersaing.

Survei ini melibatkan 1.000 responden yang mewakili seluruh kecamatan di Kota Pekanbaru dengan margin error ±3 persen. Survei dilaksanakan pada periode 1-10 Mei 2024.

Ketua R2C, Adlin, M.Si, yang juga dosen Ilmu Pemerintahan FISIP UNRI, memaparkan bahwa temuan hasil survei menunjukkan tiga nama yang bersaing di puncak hasil survei elektabilitas.

Ketiganya yaitu Muflihun (23,55 persen), Dr. Ikhsan (18,74 persen) dan Agung Nugroho (17.23 persen).

Lembaga AKSARA Research and Consulting merilis hasil survei terkini, yaitu tiga nama memuncaki elektabilitas dan popularitas Calon Wali Kota Pekanbaru, Provinsi Riau pada Pilkada Serentak di November 2024.

“Tiga nama yang memuncaki perolehan survei yakni Ketua DPD Demokrat Riau Agung Nugroho, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun dan Anggota DPRD Riau Fraksi PAN Ade Hartati Rahmat,” kata Direktur Eksekutif AKSARA Research Hendri Kurniawan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Ahad (5/5/2024).

Survei persepsi politik masyarakat terhadap Pilkada Kota Pekanbaru 2024 digelar 20 hingga 30 April 2024. Survei melibatkan 400 responden yang tersebar proporsional di 15 kecamatan dan dipilih menggunakan metode multistage random sampling dengan Margin of Error 4,9 persen serta tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Dia mengatakan Berdasarkan hasil survei, popularitas Muflihun sebesar 20,5 persen, Agung Nugroho sebesar 16 persen dan Ade Hartati Rahmat sebesar 11,8 persen.

Tiga nama ini cukup dikenal oleh masyarakat dan tingkat keterpilihannya cukup tinggi dibanding nama-nama lain.*** (Tim Liputan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *