BeritaPekanbaru

Dimeriahkan Artis Papan Atas, Pemprov Riau Sediakan 150 Stan UMKM Gratis di Gebyar BBI BBWI Riau

Avatar
29
×

Dimeriahkan Artis Papan Atas, Pemprov Riau Sediakan 150 Stan UMKM Gratis di Gebyar BBI BBWI Riau

Sebarkan artikel ini

PEKANBARU, KUJANGPOST.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengalokasikan 150 stan gratis untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam acara Gebyar Gerakan Nasional (Gernas), Bangga Buatan Indonesia (BBI), dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), serta Lancang Kuning Carnival yang berlangsung di Kota Pekanbaru, Riau, mulai 3-5 Mei 2024. Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto menyatakan bahwa inisiatif tersebut bertujuan mendukung gerakan BBI sekaligus sebagai upaya pemulihan ekonomi masyarakat.

“Stan UMKM ini gratis dan tidak dipungut biaya. Kami berkomitmen mendukung UMKM dan ekonomi kreatif (ekraf) untuk mempromosikan produk mereka,” ujar Hariyanto dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Minggu (28/4/2024). Seleksi UMKM, lanjutnya, dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Riau. Nantinya, masing-masing stan akan diisi oleh tiga UMKM. Provinsi Riau meraih kesuksesan dalam penyelenggaraan Gernas BBI dan BBWI pada 2023 dengan nilai transaksi mencapai Rp 63 miliar.

Pada 2024, Provinsi Riau kembali dipercaya oleh pemerintah pusat untuk menyelenggarakan acara tersebut ditambah berkolaborasi dengan acara besar, yakni Lancang Kuning Carnival. Sebagai informasi, Lancang Kuning Carnival merupakan festival fesyen karnaval yang menampilkan berbagai hiburan, seperti musik, tari, dan pameran ekraf. Acara tersebut akan menampilkan tarian rentak Melayu melibatkan 10.000 penari, termasuk siswa SMA se-Pekanbaru dan pegawai di lingkungan Provinsi Riau. Tarian massal tersebut juga akan mencatat rekor MURI sebagai penari rentak Melayu terbanyak. Dimeriahkan artis papan atas Acara Gebyar BBI BBWI dan Lancang Kuning Carnival akan dimeriahkan oleh penampilan band Gigi, Virgoun, dan Fourtwenty di halaman Kantor Gubernur Riau. “Acara ini diselenggarakan pada 3-5 Mei 2024. Pada hari pertama, kami akan mendatangkan Gigi, hari kedua Virgoun, dan penutupan ada Fourtwnty. Selain itu, kami juga mengundang artis ibu kota lain, seperti Astrid Tiar, Angel Karamoy, dan Berliana Lovel,” ujar Hariyanto. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rahkmat mengungkapkan bahwa 42 grup musik akan turut meramaikan acara tersebut, mulai dari musik lokal hingga nasional.

Acara akan dimulai pada 3 Mei 2024 dengan pembukaan bazar dan pawai budaya, diikuti oleh upacara pembuka pada malam harinya. “Insyaallah, Menteri Dalam Negeri, Menteri Perhubungan, dan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investas (Menko Marves) juga akan hadir. Usai upacara pembuka, kegiatan dilanjutkan dengan tarian rentak Melayu dan penampilan band Gigi,” ujar Roni. Selain daftar penampilan di atas, ada pula acara car free day (CFD), mini stage event, dan fun market. Berbagai lomba turut meramaikan acara tersebut, di antaranya lomba foto, lomba mewarnai, lomba muslim trendi, dan lomba fashion recycle. Pemprov Riau terus melakukan berbagai persiapan untuk Gebyar BBI BBWI dan Lancang Kuning Carnival 2024, termasuk meminta dukungan dan partisipasi dari masyarakat dan pihak-pihak terkait. “Kemenko Marves dan Kementerian Perhubungan siap mendukung acara ini. Kami memohon dukungan kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat Riau. Semoga acara ini berjalan sukses,” pungkas Roni.

Sumber : Kompas.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *