PekanbaruTNI/POLRI

Rapat Anev Gelar Operasi dan Pembinaan Tahun 2024, Terimakasih Ucap Irjen Iqbal

Avatar
20
×

Rapat Anev Gelar Operasi dan Pembinaan Tahun 2024, Terimakasih Ucap Irjen Iqbal

Sebarkan artikel ini

PEKANBARU, KUJANGPOST.com – Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, membuka rapat anev gelar operasi dan pembinaan tahun 2024 dengan tema “Polda Riau Siap Mewujudkan Pilkada Serentak yang Aman, Damai & Kondusif” digelar di Aula Tribrata Lantai 5, Mapolda Riau, Senin pagi (3/6/24).

Dalam sambutannya, Kapolda Riau Irjen.Pol. Mohammad Iqbal membuka kata sambutannya dengan mengapresiasi kinerja jajaran Polda Riau, terutama dalam pengamanan kunjungan Presiden Republik Indonesia beberapa waktu lalu yang berjalan aman, lancar dan akuntabel.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Wakapolda Brigjen.Pol. K. Rahmadi, Irwasda Kombes.Pol. Hermansyah, PJU, dan Kapolres/Kapolresta atas kerja-kerja hebat yang telah dilakukan.

“Ini bukan hanya kunjungan presiden saja, tetapi kunjungan seluruh menteri dan kepala lembaga Negara. Alhamdulillah, karena kerja-kerja kita semua dapat berjalan aman, lancar, ketertiban dan akuntabel,” ungkap Kapolda Riau dalam sambutannya pada Rapat Anev Gelar Operasi dan Pembinaan Tahun 2024 di Mapolda Riau.

Kapolda Riau menyampaikan rasa terima kasih yang tulus dari lubuk hatinya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pengamanan kunjungan tersebut.

“Semua pihak ambil bagian bahkan lompat walaupun bukan bagian dia untuk melakukan penguatan-penguatan, demi nama baik kepolisian daerah Riau dan demi nama baik kepolisian negara Republik Indonesia. Terima kasih ini tulus dari dalam lubuk hati saya,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan kunjungan kepala negara dan rombongan kemarin, Kapolda Riau sempat menekankan pentingnya manajemen bukti dan audit sistem yang dilakukan oleh fungsi pengawasan, seperti Itwasda dan Propam. Ia memerintahkan Irwasda dan Kabid Propam untuk melaksanakan tugas ini dengan baik.

“Saya perintahkan Pak Irwasda dan Kabid Propam untuk melaksanakan manajemen bukti dan audit sistem yang dilakukan oleh fungsi pengawasan, yaitu Inspektorat Pengawasan Daerah dan Propam,” tegasnya.

Kapolda Riau memastikan bahwa setiap tahapan operasi pengamanan, seperti rakor gladi pengamanan, gladi tactikal, power game, gelar pasukan, gelar sarana dan prasarana, serta peninjauaan lokasi kegiatan, harus didokumentasikan sebagai produk Itwasda dan Propam. Dokumentasi ini kemudian dilaporkan secara berjenjang kepada Itwassum dan Propam di Mabes Polri.

Selain manajemen bukti dan audit sistem, Kapolda Riau juga menekankan pentingnya manajemen pengawasan secara menyeluruh, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga pengendalian.

Ia mengapresiasi upaya seluruh jajaran Polda Riau dalam mendesain dan melakukan intervensi demi menjaga keamanan, meskipun masih ada beberapa variabel yang perlu ditingkatkan.

“Bahwa keamanan itu tidak datang dengan sendirinya. Kita yang menjaga, kita yang berusaha, dilakukan dengan baik, Ada peranan Dirlantaas, ada peranan Dirsamapta, Dirbinmas, Ditkrimum/Sus/Narkoba, peranan Kapolres/ta, Manajemen ini kita lakukan dan secara umum saya selaku Kapolda menilai luar biasa,” puji Kapolda Riau.

Dalam rapat tersebut, Kapolda Riau juga menyampaikan delapan penekanan penting lainnya, di antaranya Tupoksi semua satker dan satwil berjalan maksimal dan menuai prestasi, Laksanakan kesiapan PAM Pilkada 2024 dengan baik, Laksanakan rangkaian kegitan HUT Bhayangkara tahun 2024 dengan baik, Kalender Kamtibmas agar diatensi dan dilaksanakan dengan baik, Laksanakan antisipasi bencana dengan baik (Karhutla, Banjir, dll), Maksimalkan pemberantasan tindak pidana Narkoba, Laksanakan dengan baik manajemen Lalu Lintas dengan baik sehingga angka Laka Lalu Lintas menurun, Tingkatkan disiplin personel Polda Riau dan Jajaran, tekankan maksimal agar tidak terjadi pelanggaran.

Dalam penutupnya, Kapolda Riau mengutip kalimat Benazir Bhutto tentang semangat dan kerjasama tim dalam mencapai tujuan, bahwa sebuah kapal akan terlihat gagah, menarik dan bersinar apabila telah sandar di dermaga, lego jangkar kapalnya keren, tetapi bukan itu tujuan membuat sebuah kapal, kapal dibuat adalah untuk memecah ombak dan gelombang, mengarungi samudra luas untuk mencapai tujuan.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim pada hari ini senin 3 juni 2024 pkl. 09.42 wib. anev gelar operasional dan pembinaan Polda Riau tahun 2024 secara resmi saya nyatakan di buka” pungkasnya(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *