DumaiTNI/POLRI

Polsek Sungai Sembilan Laksanakan Program Minggu Kasih

Avatar
22
×

Polsek Sungai Sembilan Laksanakan Program Minggu Kasih

Sebarkan artikel ini

DUMAI – Kujangpost.com – Laksanakan program Minggu Kasih, Polsek Sungai Sembilan Jajaran Polres melalui para Bhabinkamtibmas Jajarannya selaku ujung tombak institusi Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), rutin menyambangi dan bertatap muka bersama warga diwilayah hukumnya guna mempererat silaturahmi dan keakraban hingga meningkatkan sinergitas Polri dengan masyarakat guna menjaga serta memelihara keamanan dan ketertiban Kota Dumai, Minggu (7/4/2024).

Disela kesibukan dan aktifitas rutinnya, Kapolsek Sungai Sembilan AKP Bonardo Purba, S.H diwakili oleh Ps. Kanit Sabhara Polsek Sungai Sembilan Aipda Erbinto Sihaloho, S.T bersama para Bhabinkamtibmas Jajaran Polsek Sungai Sembilan menyambangi tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan masyarakat sekitar di Jalan Srikandi RT. 001 Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan.

Disampaikan Ps. Kanit Sabhara Polsek Sungai Sembilan Aipda Erbinto Sihaloho, S.T, bahwa tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah untuk mempererat silaturahmi dengan masyarakat, melaksanakan sosilasiasi serta diskusi untuk mengetahui situasi masyarakat dan merespon persoalan-persoalan yang ada ditengah masyarakat.

Melalui kegiatan tersebut, Aipda Erbinto Sihaloho, S.T juga berharap agar seluruh masyarakat dapat meningkatkan kepedulian terhadap sesama dan lingkungan serta bersama menjaga kerukunan dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di Kota Dumai.

Program Minggu Kasih turut menjadi bagian dari upaya Polri dalam menyampaikan himbauan Kamtibmas khususnya penekanan agar bersama mengawasi anak-anak agar tidak terlibat aksi balap liar dan tawuran selama Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah hingga menyampaikan pesan damai guna mencegah timbulnya konflik atau ketegangan pasca pengumuman hasil pesta demokrasi yang berpotensi memecah belah kerukunan dan persatuan masyarakat.

“Ini merupakan wujud nyata kehadiran Polri untuk masyarakat dan sebagai salah satu upaya untuk lebih memahami kebutuhan serta kekhawatiran masyarakat, sekaligus memberikan informasi dan himbauan terkait Kamtibmas,” ungkapnya mewakili Kapolsek Sungai Sembilan AKP Bonardo Purba, S.H.

Dalam pertemuan informal namun penuh kehangatan dan keakraban dengan warga diwilayah hukumnya, Aipda Erbinto Sihaloho, S.T, juga memberikan himbauan dan tips agar rumah aman dan mudik ataupun liburan menjadi nyaman. Pertama, sebelum mudik pastikan kendaraan anda dalam keadaan baik. Periksa semua kendaraan dari bahan bakar hingga kondisi kendaraan.

Kedua, cek semua pintu. Kunci semua pintu dan jendela. Terapkan pengamanan ekstra pada ruangan tertentu di mana anda menyimpan dokumen dan barang berharga. Jangan lupa, bawa dan simpan dengan baik semua kunci yang berhubungan dengan penyimpanan barang berharga. Ketiga, matikan aliran listrik agar tidak terjadi kebakaran.

“Jangan lupa mematikan sakelar dan aliran lisrik yang memiliki banyak sambungan dan melepas kabel dari stop kontak,” katanya.

Selanjutnya kata Aipda Erbinto Sihaloho, S.T, warga jangan sampai lupa melepas regulator dari tabung gas. Serta periksa apakah ada kebocoran sewaktu regulator di lepas atau tidak. Keempat, pastikan lampu depan rumah menyala agar dipandang tidak kosong. Hal ini juga meminimalisir orang luar tau bahwa hunian Anda sedang kosong. Kelima, lapor kepada Ketua RT agar pihak Kepolisian melalui Bhabinkamtibmas dapat mengetahui mana saja perumahan yang banyak kosong ditinggal mudik.

“Tentunya, penting melapor ke RT setempat, guna ditindaklanjuti dengan mengintensifkan pelaksanaan patroli ke wilayah tersebut. Dan hal ini penting bagi seluruh lapisan masyarakat untuk saling bersinergi demi menjaga kedamaian dan keamanan di seluruh daerah khususnya Kota Dumai,” ungkapnya.

Tak hanya menerima sesi tanya jawab melalui kegiatan Minggu Kasih untuk mendengarkan dan menampung seluruh masukan, saran, keluhan ataupun aduan dari masyarakat serta memberikan solusi melalui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, Banit Binmas Polsek Sungai Sembilan Aipda Erbinto Sihaloho, S.T, juga memperkenalkan program inovasi Kapolres Dumai yakni menyediakan layanan aduan yang langsung terhubung melalui WhatsApp Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si melalui nomor 0821-9819-8154.

“Silahkan hubungi ataupun sampaikan pengaduannya secara langsung terhadap pimpinan Polres Dumai melalui WhatsApp pengaduan Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si dengan nomor 0821-9819-8154. Seluruh masyarakat dapat menyampaikan keluhan terkait apapun, mulai dari gangguan Kamtibmas hingga yang membutuhkan bantuan ataupun penanganan segera. Tak hanya itu, seluruh masyarakat juga dapat menginstal Aplikasi ‘Polri Super App’ di Play Store ataupun App Store dan menghubungi Layanan Call Center Polri Polres Dumai (0765) 110 yang selalu tersedia selama 24 jam dan dapat diakses secara gratis untuk mendapatkan kemudahan layanan lainnya,” pungkas Banit Binmas Polsek Sungai Sembilan Aipda Erbinto Sihaloho, S.T.

Pantauan dilapangan, kegiatan diisi dengan sesi tanya jawab, yang mana Banit Binmas Polsek Sungai Sembilan Aipda Erbinto Sihaloho, S.T.bersama Bhabinkamtibmas Kelurahan Lubuk Gaung Aipda Dedi Tiawarman, Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungai Geniot Brigadir Marihot S. Manik, S.H, Ps. Ka SPKT Aiptu Musalman dan perwakilan personel Unit Reskrim Polsek Sungai Sembilan Bripka Fuad Munif mendengarkan dan menampung seluruh masukan, saran, keluhan ataupun aduan dari masyarakat serta memberikan solusi melalui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *