PekanbaruTNI/POLRI

Kapolda Riau Pantau Arus Mudik di Pelabuhan Sungai Duku

Avatar
18
×

Kapolda Riau Pantau Arus Mudik di Pelabuhan Sungai Duku

Sebarkan artikel ini

PEKANBARU – Kujangpost.com– Tiga hari jelang hari raya Idul Fitri 1445 H, aktifitas mudik di Pelabuhan Sungai Duku, Jalan Tanjung Datuk, Kecamatan Lima Puluh, Kota Pekanbaru mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sesuai data dari pengelola pelabuhan, rata-rata kenaikan penumpang jelang lebaran mencapai 300 persen dari hari biasanya.

Untuk menjaga keamanan dan keselamatan penumpang saat diperjalan, pihak pengelola kapal menjalankan kebijakan yang telah diterapkan oleh dinas dan stakeholder terkait. Kapal yang akan berlayar diwajibkan memberikan ruang (space) dengan cara menyisakan sejumlah tempat duduk kosong untuk mengantisipasi kapal tidak over load dan over capacity.

Sementara itu, untuk memastikan seluruh standar operasi dan layanan di Pelabuhan Sungai Duku dijalankan sesuai prosedur, lancar, aman dan sesuai ketentuan, Kapolda Riau Irjen M Iqbal melaksanakan sidak dan berinteraksi langsung dengan penumpang dan kru kapal.

Selain memantau hal-hal teknis yang dianggap penting, kedatangan Jenderal bintang dua ini bertujuan untuk mengecek arus mudik di pelabuhan tersebut tiga hari jelang lebaran Idul Fitri 1445 H.

Didampingi Kapolsek Sektor Kawasan Pelabuhan (SKP) Sungai Duku, AKP Elva, Kapolda Riau Irjen M Iqbal mengatakan, pihaknya ingin memastikan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan bagi seluruh penumpang telah dijalankan dengan baik.

“Kami ingin memastikan apakah faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan bagi seluruh penumpang menjadi prioritas utama,” kata Irjen M Iqbal, Minggu (7/2024) siang.

“Saya mengecek dan berdialog dengan kru dan penumpang. Manifest penumpang ada 103 orang sementara daya tampung kapal adalah 108 penumpang. Alhamdulillah, ada 5 kapasiti yang dikosongkan. Ini sama sekali tidak over capacity bahkan dikosongkan karena faktor keselamatan. Artinya pesan kami (Forkopimda) sampai, jangan mendahulukan benefit, sekali lagi prioritas utamanya adalah mendahulukan faktor keselamatan,” sambungnya.

Dijelaskan, hal yang sangat penting diperhatikan adalah faktor keselamatan. Didampingi Dinas Perhubungan, Polairud, BPBD, dan pihak terkait, telah dilakukan pengecekan terhadap kapal sebelum berangkat, termasuk fasilitas pelampung hingga manifest penumpang.

Untuk memastikan kondisi kapal laik jalan, Irjen Iqbal menyempatkan diri berbincang-bincang dengan sejumlah penumpang di dalam kapal Nagaline tujuan Selat Panjang. Dia juga mendoakan agar seluruh penumpang selamat sampai di tujuan.

“Semoga selamat sampai tujuan. Alhamdulillah semua kesiapan sudah baik, pelampung cukup, semoga nyaman, sekali lagi semoga selamat sampai di tujuan,” harapnya.

Selain ke Pelabuhan Sungai Duku, Irjen M Iqbal juga memantau terminal bus Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) dan Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II.

“Kami mengimbau agar penumpang hati-hati di jalan, baik transportasi darat, laut dan udara. Kalau menggunakan mobil dan sepeda motor cek betul kondisi kendaraannya. Pastikan running well termasuk fisik, psikis dan pastikan kondisi dalam keadaan sehat. Patuhi rambu-rambu lalu lintas, karena ini akan sangat mengganggu dan beresiko terjadinya kecelakaan,” pungkasnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *