PekanbaruPendidikan

Ombudsman Riau Ingatkan Perpisahan Sekolah Jangan Bebani Siswa dan Orang Tua

Avatar
30
×

Ombudsman Riau Ingatkan Perpisahan Sekolah Jangan Bebani Siswa dan Orang Tua

Sebarkan artikel ini

PEKANBARU, KUJANGPOST.com – Kepala Perwakilan Ombudsman Wilayah Riau Bambang Pratama menegaskan, penetapan dan pemungutan biaya untuk acara perpisahan sekolah tidak diperbolehkan.

Sebelumnya, orang tua siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Pekanbaru menyatakan keberatan terhadap iuran yang ditetapkan untuk perpisahan dan Khatam Quran yang akan dilaksanakan pada 29 Mei mendatang.

Iuran yang harus dibayar orang tua kelas 6 sebesar Rp489.000 per siswa dianggap terlalu besar. Selain itu, siswa kelas 1 hingga kelas 5 juga dikenakan biaya sebesar Rp20.000 per siswa untuk membantu pelaksanaan acara tersebut.

“Iuran sebesar itu rasanya sangat besar, hampir 500 ribu rupiah. Apalagi acaranya hanya dilaksanakan di sekolah, bukan di hotel. Artinya, tidak menyewa gedung,” ujar salah seorang wali murid kepada CAKAPLAH.com.

Kepala MIN 1 Pekanbaru, Rusydi, menyatakan besarnya iuran merupakan hasil kesepakatan bersama dengan orang tua atau wali murid. Ia menyebut, besarnya iuran disebabkan oleh kebutuhan tenda dan tempat yang cukup besar untuk kegiatan tersebut.

“Biasanya kita melaksanakan di depan sekolah tanpa tenda. Tahun ini kita melakukannya di lapangan sekolah yang luas, sehingga memerlukan tenda. Makanya tahun ini iurannya lebih besar dibanding tahun lalu,” jelas Rusydi.

Mengenai iuran dari siswa kelas 1 hingga kelas 5, Rusydi menyebutkan bahwa hal itu untuk membantu pelaksanaan acara perpisahan dan Khatam Quran karena dana yang ada tidak mencukupi.

Namun, ketika dimintai keterangan lebih lanjut terkait jumlah siswa kelas 6 yang akan mengikuti acara perpisahan dan total kebutuhan biaya, Rusydi menolak menjawab. Jika diasumsikan satu kelas berisi 30 siswa dengan 5 kelas, maka dana yang terkumpul lebih dari Rp73 juta.

“Terkait urusan sekolah, selesaikan di sekolah saja,” kata Rusydi menutup wawancara.**

Sumber: Cakaplah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *