PekanbaruPemerintahan

Ini Dia 3 Sosok Kandidat yang Diprediksi Dapat Tiket Maju ke Pilwako Pekanbaru 2024

Avatar
25
×

Ini Dia 3 Sosok Kandidat yang Diprediksi Dapat Tiket Maju ke Pilwako Pekanbaru 2024

Sebarkan artikel ini

PEKANBARU, Kujangpost.com – Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekanbaru yang masuk ke gelanggang Pilwako Pekanbaru nanti, diprediksi lebih dari dua paslon. Sabtu, 13/04/2024

Bahkan kabar beredar, hanya 3 calon yang hanya dapat tiket maju di pesta Demokrasi di Kota Bertuah November 2024 nanti.

Informasi yang dirangkum Tribunpekanbaru.com dari berbagai sumber, mulai Parpol hingga calon yang menyatakan diri siap maju di Pilwako, 3 sosok yang kemungkinan lolos sebagai calon Wali Kota Pekanbaru, yakni Agung Nugroho SE MM (Wakil Ketua DPRD Riau/Ketua DPD Partai Demokrat Riau), Ayat Cahyadi (PKS/mantan Wakil Wali kota Pekanbaru 2 periode) dan Muflihun (ASN/Pj Wako Pekanbaru 2 kali).

Ada beberapa alasan mengapa hanya 3 calon ini, yang diperkirakan dapat tiket maju sebagai Wali Kota Pekanbaru. Selain track record politiknya, raihan suara pada Pileg 2024 kemarin, juga ada kekuatan akomodasi lain yang mendorong mereka.

Mereka ini lah nanti yang akan mencari pasangannya untuk posisi Wakil Wali Kota Pekanbaru. Sementara itu, untuk posisi Wakil Wali Kota Pekanbaru, jumlahnya berbeda dengan posisi Wali Kota.

Hingga saat ini, ada beberapa nama yang muncul dan masuk dalam pasangan Agung, Ayat dan Muflihun. Mulai dari nama Ade Hartati (PAN), Ida Yulita Susanti (Golkar), Ginda Burnama (Gerindra), dan Zulfan Hafiz (Nasdem).

Nama-nama ini diutak-atik untuk menemukan kecocokan dari semua hal. Mulai dari pengaruhnya, kursi partainya, hingga akomodasi lainnya. Namun nama-nama yang muncul tersebut bisa saja bertambah, atau makin mengkerucut hingga Juni mendatang.

Ginda Burnama ST MT, Pimpinan DPRD Pekanbaru yang menyatakan diri siap maju di Pilwako Pekanbaru nanti mengaku, bahwa siapa saja saat ini bisa mengklaim maju sebagai bakal calon Wali Kota Pekanbaru dan Wakil Wali Kota Pekanbaru.

Sebab, belum ada penetapan resmi dari partai atau dari KPU untuk jalur independen (perseorangan). Sehingga wajar saja beberapa tokoh dan sosok saat ini, menebar baliho untuk mendapatkan simpati parpol dan masyarakat.

“Kita sebagai kader harus siap jika diperintahkan partai,” aku Ginda Burnama.

Disinggung apakah niat maju di Pilwako Pekanbaru sebagai Wali Kota Pekanbaru atau Wakil Wali Kota Pekanbaru, politisi yang disapa TGB (Teman Ginda Burnama), ini menyerahkan semuanya kepada partai.

“Kita menunggu perintah partai, bagaimana instruksi selanjutnya. Karena untuk menjadi nomor satu atau nomor dua, itu partai dan masyrakat yang menilai nantinya,” sebut Ginda Burnama lagi.

Sementara itu, kader Partai NasDem yang duduk di DPRD Pekanbaru hasil Pileg 2024 lalu, Zulfan Hafiz ST. Katanya, dia sudah membulatkan tekadnya maju di Pilwako Pekanbaru. Apalagi saat ini Partai NasDem sedang melakukan survei untuk kandidat yang berpotensi maju di Pilkada mendatang.

“Insya Alloh, saya siap maju. Diusung di posisi mana pun. Baik Bacalon Cawawako, apalagi Wako. Namun yang paling mungkin itu untuk saya, posisi Wawako,” tegas Zulfan Hafiz serius.

Disinggung siapa pasangan yang cocok secara politis dan secara akomodasi lainnya di Pilwako, Zulfan Hafiz masih menunggu lamaran dari calon Wali Kota Pekanbaru lainnya.

Ya, tensi politik menuju Pilwako Pekanbaru semakin panas di Kota Pekanbaru. Hingga kini, sejumlah tokoh politik dan sosok mumpuni berani blak-blakan menyatakan kesiapannya maju berebut kursi Pekanbaru Satu.

Para kandidat yang bernafsu ingin maju sebagai calon Wali Kota Pekanbaru, mulai dari kalangan politisi, profesional (dokter), akademisi dan kalangan pendakwah.

Beberapa baliho dan spanduk mereka tersebar di sudut kota, bahkan hingga Lebaran Idul Fitri 1445 H ini, jumlahnya semakin banyak.

Mereka di antaranya Agung Nugroho (Ketua Demokrat Riau/Pimpinan DPRD Riau), Ayat Cahyadi (PKS), Ginda Burnama ST MT (Gerindra/Pimpinan DPRD Pekanbaru), Zulfan Hafiz ST (Nasdem), Ida Yulita Susanti (Golkar), ustadz Narlis Nazar, DR Ikhsan (akademisi), hingga sosok Rahmansyah (dokter/Ketua Kosgoro Pekanbaru).

Bahkan belakangan muncul informasi, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun juga dikabarkan akan maju di Pilwako Pekanbaru nanti. Namun kepastian ini, menunggu tahapan yang dimulai Juli nanti. Sebab, selain mundur dari ASN, juga melihat siapa sosok ASN yang akan menggantikan Muflihun sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru pada 23 Mei 2024 mendatang, seperti yang dilansir dari tribunnews. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *